Najapedia

Referensi Dan Panduan Online

loading...

Keutamaan di balik orang fakir miskin

Keutamaan di balik orang fakir miskin


Mungkin kefakiran adalah hal yang tidak di ingin oleh setiap manusia, sebab , secara watak, manusia lebih cenderung ingin menjadi orang kaya,harta berlimpah. Sebab dengan harta manusia bisa mendapatkan segala sesuatu yang ia inginkan dengan mudah tanpa susah payah. Menurut imam al ghazali,

kefakiran adalah sebuah ungkapan bagi tidak adanya sesuatu yang di butuhkan sedangkan maksud fakir yang biasa kita jumpai dalam bab zakat adalah golongan yang tidak mempunyai harta dan pekerjaan untuk memenuhi kebutuhannya.

pembagian orang fakir

Orang fakir terbagi menjadi dua bagian, yang pertama orang fakir matsubah ( di beri pahala ) yang kedua orang fakir 'uqubah ( di siksa ), ciri ciri orang fakir matsubah adalah orang fakir yang berakhlak baik, taat kepada Allah SWT , tidak pernah mengeluh dan bersyukur dengan kefakiran yang telah di anugrahkan kepadanya.
Sedangkan ciri-ciri orang fakir 'uqubah adalah dia tidak berakhlak baik, selalu bermaksiat, selalu mengeluh dan tidak bersyukur dengan keadaan yang menimpanya. Dan orang fakir yang di cintai Allah adalah orang fakir yang pertama. Sebenarnya kalau kita banyak membaca hadis-hadis


Keutamaan di balik orang fakir miskin

keutamaan fakir

Rosulullah SAW ,kita akan banyak menemukan banyak sekali keutamaan dan keistimewaan di balik kefakiran yang bisa kita ambil sebagai pelajaran dan renungan. Keutamaan dan keistimewaan fakir

Rosululloh SAW bersabda " setiap sesuatu pasti ada kuncinya, sedangkan kunci surga adalah mencintai orang-orang miskin dan orang fakif karena kesabaran mereka, mereka adalah teman-teman ( dekat )Allah SWT kelak di hari kiamat.

 Rosululloh SAW juga bersabda". Mencintai orang fakir termasuk. Akhlaknya para nabi , sedangkan membenci orang fakir termasuk akhlaknya fir'aun. Rosululloh SAW juga bersabda" keutamaan orang fakir dari pada orang kaya layaknya keutamaan aku dari pada seluruh makhluk Allah SWT Hadis lain berbunyi " surga itu bagi orang-orang fakir dan dhu'afa dari umat ku "

Bebrapa hadis di atas menjelaskan tentang keutamaan dan keistimewaan orang fakir, terutama pada hadis yang no 3 , itu membuktikan bahwa orang fakir itu adalah orang mulia sehingga babi muhammad merumpamakannya seperti itu. Mungkin itulah sedikit artikel tentang keutamaan  di balik fakir miskin yang yang bisa di bagikan pada kesempatan kali ini, semoga bermanfaat!!
Tag : Hikmah
0 Komentar untuk "Keutamaan di balik orang fakir miskin"

Back To Top