Najapedia

Referensi Dan Panduan Online

Hadist keutamaan nikah ( pernikahan )

Dalil hadist keutamaan nikah ( pernikahan )


Berangkat dari sebuah hadis nabi tentang dalil keutamaan nikah / pernikahan yang berbunyi " Annikahu sunnati, faman roghiba 'an sunnati falaisa minni "

Artinya; nikah itu termasuk sunnah ku, barang siapa yang tidak suka pada sunnah ku , maka dia bukan termasuk golongan ku

Najapedia.com akan mengulas sedikit tentang dalil hadis yang menjelaskan tentang keutamaan atau keistimewaan nikah. Dari hadis di atas telah menunjukkan betapa pentingnya menikah bagi umat islam ( yang sudah memeuhi kriteria ) sehingga ROsululloh SAW sangat tidak suka terhadap orang yang meniggalkan nikah ( padahal sudah memenuhi keriteria syarat dan rukun)
Hadist keutamaan nikah ( pernikahan )

Banyak sekali hadis yang menceritakana tentang keutamaan pernikahan di dalam islam, namun, pada kesempatan kali ini najapedia.com hanya akan menjelaskan beberapa dalil keutamaan pernikahan saja, sebab ,kami rasa itu sudah mewakili dari dalil hadis-hadis lain. Simak berikut ini;

Hadist nikah


Keutamaan nikah Hadis pertama; Rosululloh SAW bersabda " menikah adalah sunnat ku, barang siapa yang tidak mau pada sunnat ku maka di bukan termasuk golongan ku.

Hadis kedua ; Rosululloh bersabada " menikah adalah sebuah keberkahan ,sedangkan anak adalah rahmat, maka muliakanlah anak-anak mu, karena kemulian anak-anak adalah ibadah.


Hadis ketiga ; Rosulullah SAW bersabda " peganglah rizki dengan menikah " dibriwayatkan oleh imam ad dailami dari sahabat ibuni abbas, sebab di antara fadhilah dan keutamaan nikah adalah dapat menarik rizki, tapi dengan catatan apabila menikah dengan niat yang baik seperti mencari ridho Allah SWT.

Hadis keempat; Di riwayatkan oleh imam ibnu majah dari sahabat anas bin malik bahwa Rosululloh SAW bersabda". Barang siapa yang ingin betemu dengan Allah SWT ( kelak di surga ) dalam keadaan suci dan di sucikan ( dari kotoran yang sebangsa maknawi ) makan menikahlah dengan orang merdeka. Yang di mksud suci di atas adalah selamat dari dosa yang berkaitan dengan farji ( lubang di jalan depan atau belakang seperti kelamin dan anus ) karena menikah dengan dengan orang merdeka jauh lebih terjaga farjinya, sebab sudah di penuhi segala kebutuhannya.

Hadis kelima; Rosululloh SAW bersabda " apa yang telah kalian beri kepada istrimu itu adalah shodaqoh bagi " Di riwayatkan oleh imam ahmad dan imam thobroni. Namun hal itu apabila di niati dengan shodaqoh, sebab segala sesuatu tergantung niatnya

 Demikianlah artikel tentang hadist keutamaan nikah dalam islam yang bisa kami tuangkan dalam blog ini, semoga bermanfaat bagi saya peribadi dan bagi para pembaca secara umum, amin ya Robbal alamin.
Tag : Fikih, Nikah
0 Komentar untuk "Hadist keutamaan nikah ( pernikahan )"

Back To Top