Najapedia

Referensi Dan Panduan Online

Doa Sholat Witir Arab Dan Artinya

Doa Sholat Witir Arab Dan Artinya


Sholat witir adalah sholat yang memiliki hitungan rakaat ganjil seperti satu, tiga , lima , tujuh , Sembilan, dan sebelas. Adapun paling sedikitnya sholat witir ialah 1 rakaat, sedangkan paling banyaknya sebelas rokaat. Sedangkan paling sedikitnya kesempurnan sholat  witir  ialah 3 rakaat., sholat ini di anjurkan menjadi penutup sholat malam, sebagaiman hadis yang berbunyi:


اجعلوا اخر صلاتكم بالليل وترا                                       

Artinya:Jadikanlah ( akhirilah / tutplah ) sholat malam kalian sebagai sholat witir.

Doa Sholat Witir Arab Dan Artinya
Syekh zainuddn bin abdil aziz, pengrang kitab fathul muin memaparkan penjelasan bahwa di sunnah kan bagi seseorang yang yakin bisa bangun sebelum fajar untuk mengakhirkan sholat witir ( di kerjakan di akhir malam ) sekalipun ia tidak bisa ikut berjamaah jika di kerjakan di akhir waktu ( seperti kasus di bulan ramadhan ) namun tidak dengan sholat tarawihnya . tapi jika sekiranya dia tidak bisa bangun sebelum fajar maka hendaknya mengerjkan sholat witir di awal malam.
Apabila seseorang mengerjakan sholat witir setelah bangun tidur maka ia juga akan memperoleh pahala tahajud, namun jika belum tidur lantas mengerjakan sholat witir, maka ia hanya mendapat pahala sholat witir, tidak dengan sholat tahjudnya. Namun menurut “ qil “ yang lebih utama ialah mengerjakan sholat witir sebelum tidur lalu bangun kemudian sholat tahajjuud. Sebab abu hurairah berkata:
امرني رسول الله صلى الله عليه وسلم ان اوتر قبل ان انام                            
Artinya: saya di perintah rosululloh SAW untuk sholat witir sebelum tidur
Lihat kitab fathul muin

Doa setelah sholat witir


Setelah kita melakukan sholat witir dengn jumlah ganjil baik dengan cara di sambung ataupun di putus maka kita di anjurkan untuk membaca doa berikut;

سبحان الملك القدوس سبحان الملك القدوس سبحان الملك القدوس اللهم  اني اعوذبك برضاك من سخطك وبعافتك من عقوبتك وبك منك لااحصي ثناء عليك انت كمااثنيت على نفسك                                       



Atau juga bisa baca doa di bawah ini

Ya Allah, kami mohon pada-Mu, iman yang langgeng, hati yang khusyu', ilmu yang bermanfaat, keyakinan yang benar,amal yang shalih, agama yang lurus, kebaikan yang banyak.kami mohon kepada-Muampunan dan kesehatan, kesehatan yang sempurna, kami mohon kepada-Mu bersyukur atas karunia kesehatan, kami mohon kepada-Mu kecukupan terhadap sesaama manusia. Ya Allah, tuhan kami terimalah dari kami: shalat, puasa, ibadah, kekhusyu'an, rendah diri dan ibadaha kami, dan sempurnakanlah segala kekurangan kami. Ya allah, Tuhan yang Maha Pengasih dari segala yang pengasih. Dan semogaa ke sejahteraan di limpahkan kepada makhluk Nya yang paling baik , Nabi Muhammad S A W , Begitu juga kepada keluarga dan para sahabat-sahabatnya nya secara keseluruhan. Serta segala puji milik Allah, Tuhan semestra alam.

Hukum sholat wiitir


Di kalangan ulama, sholat witir memiliki perselsihan tanggapan, menurut mayoritas ulama fikih sholat witir hukumnya sunnah muakkad, yaitu apabila di kerjakan akan mendapat pahala dan apabila di tinggalkan tidak berdosa. Sedangkan dalam madzhab hanafi hukum sholat witir ada wajib kewajiban ini bukan berarti sama dengan sholat fardhu lima waktu, tapi lebih mengarah kepada tingkatan wajib di bawah fardhu .

Demikianlah artikel tentang doa sholat witir dan artinya yang bisa di tulis pada kesempatan kali ini, semoga bermanfaat.! Baca juga Doa Sholat Hajat Arab,Latin Dan Artinya
Tag : Doa
0 Komentar untuk "Doa Sholat Witir Arab Dan Artinya"

Back To Top