Najapedia

Referensi Dan Panduan Online

loading...

Cara Belajar Paling Efektif dan Baik Ala Santri

Cara Belajar Paling Efektif dan Baik Ala Santri


Belajar adalah satu satunya cara untuk memperoleh ilmu, sedangkan ilmu adalah kunci kesuksesan , baik di dunia maupun di akhirat,tanpa ilmu seseorang akan buta dan hanya akan bingun dan berputar-putar di kegelepan,tanpa mengetahui mana yang benar dan mana yang salah.

orang berilmu memiliki perbedaan yang sangat jauh dengan orang tak berilmu,orang berilmu akan tetap hidup meskipun jasadnya sudah meninggal dan terkubur di dalam tanah, hidup disini berarti "namanya akan selalu di sebut dan di kenang karena ilmu yang telah di milikinya."

 Oleh karena itu ( ilmu adalah kuci kesuksesan ) jika ada orang yang bertanya kepada anda " Bagaimana cara untuk menjadi orang sukses.?maka jawaban yang paling tepat dan benar adalah " Belajar " namun tahukan anda Cara Belajar Paling Efektif dan Baik ? jika belum tahu, silahkan lanjutkan membacanya, namun jika anda sudah tahu, namun ingin mengetahui cara belajar yang akan kami share pada kesempatan kali ini , silahkan lanjutkan.!

Cara Belajar Paling Efektif dan Baik Ala Santri

Cara belajar efektif,efisien dan baik


 Memang belajar adalah kunci utama dari kesuksean, namun semua itu ada jalan-jalan khusus yang harus kita tempuh agar kita bisa menyerap,memahami dan menghafal pelajaran dengan efektif,efisien dan baik, jika anda salah dalam menempuh metode atau cara belajar,maka jangan heran jika anda akan kesulitan untuk menangkap, memahami dan menghafal pelajaran, meskipun suatu saat akan berhasil juga.

Oleh karena itu pada postingan kali ini saya akan berbagi sedikit tentang Cara Belajar Paling Efektif dan Baik ala santri yang telah saya aplikasikan pada diri sendiri dan Alhamdulillah ada perubahan dari segi cara memahami dan menghafal pelajaran dari pada sebelum-sebelumnya.Demi mengantisipasi agar artikel ini tidak terlalu panjang marilah kita langsung ke pokok pembahasan.

Baca juga;Belajar Bahasa Arab Sampai Mahir, Begini Caranya !

 1-kenali diri anda sendiri

 Ini adalah langkah awal sebelum anda memutuskan untuk belajar, maksudnya, sebelum anda belajar, kenalilah diri anda sendiri dengan cara melihat karakter dan kepribadian anda dalam hal belajar, sebab, setiap orang, memiliki karakter belajar yang berbeda-beda, ada yang lebih cepat faham dan hafal ( efektif dan efisien ) dengan cara mendengarkan dan ada pula yang lebih cepat dengan cara membaca bahkan ada juga yang lebih cepat hafal dan tidak mudah lupa dengan cara menulis hal-hal ( pelajaran ) penting dalam sebuah kertas kosong seperti yang saya tempuh selama ini , pada mulanya saya sangat sulit untuk menghafal ,terutama menghafal hal-hal yang berkaitan dengan nama dan angka, namun setiap kali saya kesulitan dalam menghafal,saya langsung menulisnya di sebuah kertas dan alhmadulillah,tanpa perlu waktu lama saya sudah bisa menghafal semua yang telah saya tulis. Kelebihan dari metode atau cara belajar yang saya tempuh ini adalah saya bisa membawanya kemana-mana dalam sebuah saku,tanpa ada rasa sulit. Jika saya lupa (meskipun di tengah jalan), saya langsung membuka catatan tersebut tanpa harus membuka buku atau kitab pelajaran lagi, mudah kan..? Namun mungkin karakter kita berbeda,tidak semua orang sama. Jika ketepatan anda sama dengan karakter saya,maka tidak ada salah ya jika anda bisa mencobanya. Namun apabila kita beda karakter,anda bisa cari sendiri tentang cara apa yang mudah bagi untuk cepat hafal dan faham. Bisa dengan metode mendengar, melihat, menulis, membaca, saling tanya jawab antar sesama teman atau lainnya. Hal itu tergantung kepribadian anda masing-masing

 2-Berdoa sebelum belajar

 Langkah kedua dari cara belajar efektif dan efisien adalah ber doa sebelum belajar ,terutama mengirim bacaan surat al fatihah kepada Nabi Muhammad SAW, para sahabat,para wali-wali Allah, pengarang kitab atau buku pelajaran, guru , orang tua dan kepada anda sendiri. Sebab belajar tanpa doa itu sombong, kita selaku manusia sangatlah lemah dan sangat butuh pada dzat sang pencipta. Oleh karena itu , berdoalah sebelum belajar!!

 3-memulai pelajaran dengan pelajaran yang paling anda sukai.

Demi menghilangkan rasa bosan dan menumbuhkan semangat untuk selalu belajar dan menghilangkan kebodohan, maka mulailah belajar dengan cara mempelajari ilmu atau pelajaran yang anda sukai terlebih dahulu,agar lebih efektif dan efisien, fokuslah pada satu pelajaran saja, namun bukan berarti meninggalkan pelajaran yang lain, kita harus tetap mempelajarinya ,hanya sajs kita fokus pada satu pelajar. Alangkah lebih baik jika anda memberi target pada setiap pelajaran semisal, anda harus bisa bahasa inggris dalam waktu 6 bulan kedepan. Maka semenjak, fokuskan hari-hari anda dengan mendalami ilmu bahasa inggris ,namu juga jangan abaikan pelajaran yang lain, setelah 6 bulan dan berhasil menguasai bahasa inggris, maka buatlah target selanjutnya, semisal dalam waktu satu tahun anda harus bisa menguasahi bahasa arab . Begitu seterusnya, sampai anda bisa menguasahi semua bidang pelajaran. Namun di dalam menentukan target, anda harus menyesuaikan dengan kemampuan anda sendiri.

 4-Belajar dengan metode anda sendiri

Di dalam poin nomor satu, anda harus memilih cara atau metode belajar yang sesuai dengan karakter anda, nah, setelah anda menemukannya, maka lakukanlah metode tersebut, jangan menggunakan metode lain, sebab itu adalah metode atau cara belajar paling efektif, efisien dan baik bagi anda, bagaimana mungkin anda mau menggunakan metode lain yang lebih jelek dari cara atau metode tersebut. Jadi kenalilah betul-betul diri anda, sehingga nantinya akan mendapatkan metode belajar terbaik dan cocok bagi anda,jangan salah pilih cara belajar sebab hal itu sangat menentukan tingkat kecepatan anda dalam memahami dan menghafal pelajaran.

 5-Berdoa setelah belajar.

langkah kelima cara belajar efektif dan efisien adalah sebelum belajar kita di anjurkan berdoa, maka tidak jauh beda apabila anda selesai belajar, kita serahkan semua apa yang telah kita pelajari kepada dzat yang memberi ilmu . contoh doa yang sering saya baca setiap selesai belajar, namun saya terjemahkan dengan bahasa indonesia

" Ya Allah Ya tuhan ,aku titipkan kepada MU semua ilmu yang yang telah Engkau ajarkan kepada ku, maka kembalikannlah nanti ketika membutuhkannya, dan jangan buat aku lupa pada ilmu tersebut, wahai tuhan semesta alam" 

 Dengan mengikuti kiat-kiat Cara Belajar Paling Efektif dan Baik Ala Santri, insyaAllah bisa anda rasakan sendiri bagaimana rasanya nikmat belajar mencari ilmu , sebab kita akan senang dan merasa nikmat dalam belajar, jika kita faham dan cepat hafal terhadap ilmu yang sedang kita pelajari.

 Mungkin itu sedikit artikel tentang Cara Belajar Paling Efektif dan Baik Ala Santri yang bisa saya tuangkan dalam blog ini, semoga bermanfaat!!
1 Komentar untuk "Cara Belajar Paling Efektif dan Baik Ala Santri"

Back To Top