Najapedia

Referensi Dan Panduan Online

Belajar Bahasa Arab Sampai Mahir, Begini Caranya!

Belajar Bahasa Arab Sampai Mahir, Begini Caranya!


Bahasa arab adalah Bahasa Dunia islam ,di mana semua ajaran-ajaran agama islam mengguanakan bahasa arab, seperti al quran, hadis dan kitab-kitabnya para ulama salaf. Jika kita ingin faham betul dengan ajaran agama islam, maka alangkah baiknya jika kita menguasahi bahasa arab. Namun bahasa arab bukanlah yang mudah di fahami namun tidak terlalu sulit juga, intinya jika kita memiliki tekad dan kemauan untuk belajar , sesulit apapun kita pasti bisa menguasainya.

Namun yang harus kita tanyakan pada diri kita sendiri adalah " apakah kita punya tekad yang kuat untuk belajar bahasa arab?" Tapi saya yakin kita punya tekad itu, sebab tidak mungkin anda akan menuliskan kata kunci cara belajar bahasa arab arab di google ,yahoo atau bing atau yang lain hingga mampir di blog ini jika anda tidak ingin atau tidak punya tekad untuk memahami bahasa arab, benarkan??

Belajar Bahasa Arab Sampai Mahir, Begini Caranya!
Nah, oleh karena itu, saya akan coba sajikan kepada anda artikel tentang cara belajar bahasa arab yang efektif dan efisien. Sudah tahu gak.? Kalau belum tahu silahkan simak berikut ini; namun ini berdasarkan pengalaman saya peribadi selama belajar bahasa arab di pesantren, dan saya rasa cukup memuaskan. Tapi yang perlu anda tanamkan adalah tekad dan kemaun serta praktek. Kecerdasan tidak bisa memberi jaminan jika kita tidak punya tekad, kemauan dan praktek. Agar tidak terlalu panjang , kita langsung saja ke pokok pembahasan.

 Cara belajar bahasa arab cepat bagi pemula


1-Hafalkan kosa kata yang anda lihat.

 Kosa kata adalah salah satu kuci utama untuk menguasai sebuah bahasa, termasuk bahasa arab. Terutama bagi anda yang baru terjun dan mengenal bahasa arab, namun kita tidak bisa ( tidak boleh alias kurang bagus ) menghafalkan kosa kata yang jarang di pakai,tetapi mulailah menghafal kosa kata yang anda lihat, mengapa demikian ? Sebab kita bisa dengan mudah mengingatnya serta gampang untuk di praktekkan, yang akhirnya kosa kata tersebut akan sulit hilang , sebab sudah menyatu dengan kehidupan kita.

2-praktek kosa kata

Setelah anda menghafal Kosa kata sehari-sehari atau kosa kata yang anda lihat maka praktekkanlah, susun dan rangkai satu persatu kata hingaa menjadi rangkaian kalimat. Sebab kuncinya bahasa adalah praktek, tanpa praktek sesorang tidak akan bisa berbahasa arab, jangan malu dan harus PD. Mungkin bagi kita yang hidup di suatu komunitas yang berbahasa arab sangat mudah untuk praktek, tapi bagaimana jika kita berada di rumah yang kesehariannya menggunakan bahasa daerah? Nah , saya punya solusi ampuh dan bisa mengatasi masalah anda, yaitu prekatekkan bahasa arab anda di depan kaca, jadikan cerminan anda sebagai teman praktek, jangan malu,namun , usahakan praktek di kamarnya saja, hawatir di sangka yang tidak-tidak. Mudahkan?

3-sering-seringlah membaca kitab atau artikel berbahasa arab. 

Setelah tahap pertama dan kedua telah anda lakukan dan membuahkan hasil, sering-seringlah membaca kitab atau artikel berbahasa arab, tujuannya sebagai sarana untuk menambah kosa kata serta belajar memahami uslub atau tatanan bahasa arab yang baik dan benar. Kemudian jika ada bahasa yang bisa di pakai untuk sehari- sehari maka pakailah dan praktekkan kepada teman atau di depan kaca cermin ( jika anda malu untuk praktek sama teman )

4-Belajar menulis artikel bahasa arab

Nah, ini adalah tingkat bagi anda yang sudah bisa bicara bahasa arab sehari dengan lancar, lalu bagaimana caranya? Caranya sangat mudah, namun butuh ketekunan dan kemaun yang kuat, untuk tahap awal perbanyaklah membaca artikel berbahasa arab, tentu tujuannya agar uslub ( tatanan bahasa ) arab menyatu dengan kita,sebab di dalam bahasa arab terdapat istilah-istilah khusus yang gunakan untuk sesuatu yang khusus pula, dan anda bisa tahu istilah-istilah tersebut hanya dengan artikel bahasa arab dan kamus bahasa arab, apabila kita sudah benar-benar memahami uslub bahasa arab anda dapat dengan mudah untuk menulis artikel bahasa arab, mungkin hanya penambahan kosa kata yang kita butuhkan.

5-memperbanyak membaca sya'ir arab

 Pada dasarnya langkah ke lima dan ke empat memiliki persamaan, hanya saja pada langkah ke empat bertujuan untuk bisa menulis artikel bahasa arab, sedangkan pa langkah kelima ini tujuannya adalah belajar membuat sya'ir, otomatis yang kita pelajari dan banyak di baca adalah sya'ir arab, agar kita faham perasaan dan cara orang membuat sya'ir arab, namun anda bisa mencoba labgkah ini jika anda sudah lancar berbahasa arab, serta bisa menulis artikel bahasa arab. Jika anda belum bisa , maka lakukanlag langkah-langkah belajar bahasa arab dari awal seperti yang saya sebutkan di atas.

Baca juga: cara cepat belajar bahasa inggris dengan lagu barat

Kesimpulan

Jika anda memang ingin benar-benar menguasai bahasa arab, maka jadikanlah bahasa arab sebagai bahasa kita, ucapkanlah bahasa arab layaknya bahasa kita sendiri, jangan pernah malu dan tanamkan tekad yang kuat agar anda tidak mudah putus di tengah jalan. Demikianlah artikel tentang "Belajar Bahasa Arab Sampai Mahir, Begini Caranya!" yang bisa saya bagikan pada kesempatan kali ini, semoga bermanfaat!!!
3 Komentar untuk "Belajar Bahasa Arab Sampai Mahir, Begini Caranya!"

Back To Top