Najapedia

Referensi Dan Panduan Online

Ini Lho Hadits Tentang Hikmah Dan Keutamaan Berwudhu !

Ini Lho Hadits Tentang Hikmah Dan Keutamaan berwudhu ! !. wudhu merupakan sebuah keharusan bagi seseorang yang hendak melakukan ibadah kepada Allah SWT, baik ibadah bersifat wajib seperti sholat atau bersifat sunnah seperti membaca al quran dan lain-lain. Mungkin kita berfikir bahwa wudhu adalah sesuatu yang sangat sederhana yang di lakukan untuk mendapatkan legalitas dalam ibadah, namun banyak hal yang tersimpan dalam wudhu yang belum kita ketahui, sebuah keistimewaan dan keutamaan yang luar biasa , dan mungkin membuat kita akan selalu berwudhu jika mengetahuinya.

Di sini kami akan menjelaskan tentang keistimaan dan keutamaan wudhu yang telah di jelaskan dan di sabdakan oleh baginda nabi muhammad SAW. Berikut penjelasaanya; Keutamaan dan keistimewaan wudhu.



Ini Lho Hadits Tentang Hikmah Dan Keutamaan berwudhu !

Keutamaan wudhu


1-di riwayatkan dari dhohhak dari abi hurairoh R.A bahwa Rosululloh SAW bersabda " tidaklah seorang hamba dan tidak pula seorang wanita yang berwudhu' lalu memperbagus wudhu'nya kemudian membaca innaa anzalnahu fi lailatil qadr sampai selesai kecuali Allah SWT akan memberikan 100 derajat pada setiap huruf yang di baca dan setiap tetesan air wudhu' akan di ciptakan sebagai malaikat yang akan memohonkan ampun kepadanya sampai hari kiamat.

2-Rosululloh SAW bersabda " barang siapa yang berwudhu untuk melaksanakan sholat, kemudian memperbagus wudhu'nya ( menjaga syarat dan rukunnya ) kemudian mendirikan shokat, maka ia telah keluar dari dosanya layaknya ketika ia di lahirkan oleh ibunya ( tidak ada sedikitpun dosa-dosa kecil baginya ).

3-ROsululloh bersabda" berwudhu untuk mengerjakan sholat , kemudian melaksakannya, maka Allah SWT akan mengampuni dosa-dosa kecil yang ada di antara wudhu dan sholat selanjutnya ( bukan sholat setelah wudhu, melainkan setelahnya lagi )


4-Rosululloh SAW bersabda " barang siapa tidur dalam keadaan punya wudhu' kemudian meninggal pada waktu itu maka ia termasuk orang yang mati syahid di sisi Allah SWT


5-Rosululloh SAW bersabda " wudhu adalah sebagian dari iman " hal sebab, iman dapat menyucikan najis yang sebangsa bathin, sedangkan wudhu menyucikah najis yang sebangsa dhohir. Dari beberapa hadis di atas menunjukkan betapa istimewanya dan utama wudhu, sehingga banyak sekali keutamaan yang di janjikan oleh Rosulullah SAW.

Oleh karena marilah kita bersama- bersama menjaga wudhu kita dengan menjaga syarat-dan rukunnya sehingga nanti kita bisa mendapat keutamaan dan keistimewaab wudhu yang telah di janjikan oleh Rosulullah SAW Dari beberapa dalil hadis di atas sudah jelas dan gamblang bahwa banyak faidah,keutamaan dan keistimewaan yang tersimpan dalam wudhu yang mungkin kita belum mengetahuinya, sebenarnya masih banyak hadis yang menjelaskan dan menguatkan hadis keutamaan wudhu di atas, namun kami rasa itu sudah mewakili dan mencukupi dasar keutamaan wudhu.

Demikialah artikel tentang " Ini Lho Hadits Tentang Hikmah Dan Keutamaan berwudhu ! " yang bisa di tuangkan dalan blog kecil ini, semoga bermanfaat!!
Tag : Fikih, Thaharah
0 Komentar untuk "Ini Lho Hadits Tentang Hikmah Dan Keutamaan Berwudhu !"

Back To Top