Najapedia

Referensi Dan Panduan Online

Keutamaan Dan Pahala Puasa Di Bulan Rajab

keutamaan dan pahala puasa di bulan rajab


Alhamdulillah kita masih di beri kesehatan oleh Allah SWT sehingga kita masih bisa merasakan suasana bulan rajab, bulan rajab adalah bulan yng sangat mulia dan penuh berkah, suatu bulan yang memiliki keutamaan keutamaan yang luar biasabulan rajab adalah bulan yang yang di tunggu tunggu oleh umat muslim yang ingin mendapatkan pahala yang melimpah.
Datangnya bulan rajab menandakan sudah dekatnya bulan ramadhan, oleh karena itu kaum muslimin biasa menyembut kedatangan bulan rajab dengan doa berikut ini:

اللهم بارك لنا في رجب وشعبان وبلغنا رمضان                                         

‘ Allhumm barikln fi rajab wa sya’bana wallighna romadhona “

Artinya: Ya Allah berkahilan kami di bulan rajab dn sya’ban dan sampaikanlah kami ke bulan ramadhan
keutamaan dan pahala puasa di bulan rajab

Hukum puasa rajab


Mengenahi hukum puasa di bulan rajab, mayoritas ulama dri madzhab maliki, syafi’i dan hanafi berpendapat bahwa hukum puasa rajab adalah sunnah sampai 30 hari, namun menurut madzhab hambali  berpuasa penuh selama 30 hari penuh dalam bulan rajab hkumnya makruh apabila tidak di sertahi dengan puasa pada bulan bulan lain. Kemakruhan ini akan menjadi hilang apabila tidak berpuasa satu atau dua hari dalam bulan rajb tersebut atau dengan berpuasa pada bulan yang lain.

Baca juga; keutamaan puasa di bulan sya'ban

Keutamaan puasa rajab


Seperti yang di jelaskan di atas bahwa bulan rajab adalah bulan mulia , otomati bulan ini banyak memiliki keutamaan dan keistimewaan di bnding bulan bulan lainnya, namun tahukah anda keutamaan puasa di di bulan rajab. Di bawah ini ada beberapa hadis yang menjelaskan tentang keutamaan puasa raja, tapi hadis ini di anggap lemah, namun di dalam beberapa kitab di jelaskan boleh mengamalkan hadis dhoif atau lemah agar memperkokoh keimanan kita, berikut dalil hadis keutamaan puasa rajab

1-Diriwayatkan bahwa apabila Rasulullah shalallahu ‘alahi wassalam memasuki bulan Rajab beliau berdo’a:“Ya, Allah berkahilah kami di bulan Rajab (ini) dan (juga) Sya’ban, dan sampaikanlah kami kepada bulan Ramadhan.” (HR. Imam Ahmad, dari Anas bin Malik)

2-“Barang siapa berpuasa pada bulan Rajab sehari, maka laksana ia puasa selama sebulan, bila puasa 7 hari maka ditutuplah untuknya 7 pintu neraka Jahim, bila puasa 8 hari maka dibukakan untuknya 8 pintu surga, dan bila puasa 10 hari maka digantilah dosa-dosanya dengan kebaikan.”

3-Riwayat al-Thabarani dari Sa’id bin Rasyid: “Barangsiapa berpuasa sehari di bulan Rajab, maka ia laksana  berpuasa setahun, bila puasa 7 hari maka ditutuplah untuknya pintu-pintu neraka jahanam, bila puasa 8 hari dibukakan untuknya 8 pintu surga, bila puasa 10 hari, Allah akan mengabulkan semua permintaannya…..
4-“Sesungguhnya di surga terdapat sungai yang dinamakan Rajab, airnya lebih putih daripada susu dan rasanya lebih manis dari madu. Barangsiapa puasa sehari pada bulan Rajab, maka ia akan dikaruniai minum dari sungai tersebut”.

5-Riwayat (secara mursal) Abul Fath dari al-Hasan, Nabi Muhammad Saw bersabda: “Rajab itu bulannya Allah, Sya’ban bulanku, dan Ramadan bulannya umatku.”

6-Sabda Rasulullah SAW lagi : “Pada malam mi’raj, saya melihat sebuah sungai yang airnya lebih manis dari madu, lebih sejuk dari air batu dan lebih harum dari minyak wangi, lalu saya bertanya pada Jibril a.s.: “Wahai Jibril untuk siapakan sungai ini ?”Maka berkata Jibrilb a.s.: “Ya Muhammad sungai ini adalah untuk orang yang membaca salawat untuk engkau di bulan Rajab ini”.


Demikian artikel tentang keutamaan dan pahala puasa di bulan rajab semog bermanfaat
Tag : Fikih, Puasa
0 Komentar untuk "Keutamaan Dan Pahala Puasa Di Bulan Rajab"

Back To Top