Najapedia

Referensi Dan Panduan Online

imam sanusi sang teolog sunni

imam sanusi sang teolog sunni


imam sanusi adalah salah satu ulama yang ahli dalam ilmu kalam ( teologi )yang mengnut madzhab asy’ari . di sisi lain beliau juga sangat piawai dalam bidang fikih maliki. Imam sanusi memiliki nama lengkap muhmmad bin yusuf bin ‘amr bin syu’aib as sanusi. Beliau biasa di panggil dengan abu abdillah.

Imam sanusi di lahirkan pada tahun 832 H yang bertepatan dengan tahun 14 28 M di tlemcen, sebuah kota  di jazair ( afrika utara ). Pada mulanya, imam sanusi mempelajari ilmu ilmu keislaman dan ilmu pasti di negeri kelahirannya sendiri kepada beberpa orang guru, di antaranya adalah ayahnya sendiri yaitu yusuf bin ‘amar yang biasa di panggil dengan abu yakqub, di antara guru guru imam sanusi yang terkenal adalah ibnul marzuk.

Konon, imam sanusi pernah mengembara ke jazair untuk belajar kepada  عبد الرحمن الثعالبي , para ulama maroko pada waktu itu sangat menghormati dan menghargai  imam sanusi, mereka menganggapnya sebagai muhyil islam ( tokoh yang menyegarkan keilmuan islam ) pada awal abad 9 H. Mereka selalu memuji imam sanusi karna kemampunnya dalam pelbagai disiplin ilmu , utamanya di bidang ilmu kalam ( teolog ). Di samping itu beliau sangat di puji dan di anjung karena ketaqwaannya  dan semangatnya yang sangat tinggi untuk selalu mendekatkan diri kepada Allah SWT.

Baca juga; 5 kejadian penting di hari jum'at

Setelah imam sanusi menghabiskan hari harinya dengan mengajar, menulis dan beribadah kepada Allah SWT , beliau di panggil oleh Allah SWT ( wafat )  pada hari ahad 18 jumadil akhir 895 H atau 9 mei  1490 M dalam usianya yang hampir mencapai 65 tahun.

Di antara murid murid imam sanusi adalah ابن عباس الصغير , ابن سعد , ابو قاسم الزووي  . sebagai ulama yang produktif, as sanusi  memiliki banyak karangan dalam berbagai disiplin ilmu, ديرة المعارف الاسلامية  mencatat karangan beliau mencapai 27 kitab. Dalam ilmu hadis beliau mengrang ktab yang di beri nama مكمل الاكمال الكمال   syarah kitab shohih muslim, beliu juga mensyarah kitab shohih bukhori namun tidak di selesaikan.

Imam sanusi juga ahli dalam bidang astronomi, keahlin beliau dalam bidang itu di buktian dalam karyanya tentang  “ astrolabe “ ( alat falak kuno ) , namun karya monumental as sanusi yang sering di jadikan referensi di pelbagai dunia islam adalah ilmu kalam.
Tag : Biografi
1 Komentar untuk "imam sanusi sang teolog sunni"

Back To Top