Najapedia

Referensi Dan Panduan Online

Cara Dan Niat Sholat Jum'at Yang Benar

cara dan niat sholat jum'at yang benar


Sholat jumat adalah kewajiban tetap yang  tidak boleh di tinggalkan oleh orang laki laki muslim, baligh dan berkal sehat tanpa ada sebab sebab yang memperbolehkannya untuk meninggalkannya, seperti sakit yang tidak memungkin dia berangkat untuk berangkat ke masjid baik dengan berjalan atau menaiki kendaran atau di gendong. Kewajiban ini di sebutkan oleh Allah SWT dalam al quran surat al jumu’ah ayat 9

يا ايها الذين امنوا اذا نودي للصلاة من يوم الجمعة فاسعوا الى ذكر الله وذروا البيع ذلكم خير لكم ان كنتم تعلمون      

Artinya: wahai orang orng yang beriman , apabila di serukan untuk menunaikan sholat jumat, maka bersegeralah kalian untuk mengingat Allah SWT dn tinggalkanlah jual beli, demikian itu lebih baik bagi kamu jika kamu mengetahuinya.

cara dan niat shalat jum'at yang benar

Niat sholat jumat


Niat secara umum baik niat sholat jumat atau ibadah lainnya adalah sebuah maksud atau tujuan yang bersamaan dengan pekerjaannya, bukan sebuah lafadz yang biasa di faham oleh sebagian dari kita. Sedangkan niat dalam sholat jumat atau sholat lainnya dalam madzhab syafi’i harus bersamaan dengan takbirotul ihram, namun ada sebagian ulama seperti imam nawawi yang menganggap cukup dengan bersamaan yang sebangsa uruf ( kebiasaan ) sekiranya sang musholli ( orang yang sholat ) di anggap orang menghadirkan dirinya untuk sholat, tidak harus membersamakan niat dengan takbrotul ihram namun di sunnah kan, adapun contoh niat sholat jumat sebagai berikut:


اصلي فرضا الجمعة ركعتين مأموما/ اماما لله تعالى 
                                            
Usholli fardhol jumati rak’ataini makmuman / imaman lillahi ta’ala

Artinya; saya niat melakukan sholat jumat dua rokaat menjadi makmu/imam karena Allah ta’at

Baca juga; 5 kejadian penting di hari jum'at

Tata cara mengerjakan sholat jumat


Sholat jumat adalah sholat yang berjumlah 2 rokaat dan menurut sebagian ulama fikih sholat jumat dalah sholat tersendiri dan bukan holat dhuhur yang di qoshor walaupun waktunya sama, namun jika seseorang telah melakukan sholat jumat , dia tidak usah lagi sholat dzuhur karna sudah di anggap  gugur , sholat ini hanya di lakukan satu minggu sekali yaitu pada hari jumat, di samping itu sholat jumat harus di lakukan secara berjemaah dan berjumlah 40 orang termasuk imam itu sendiri  yang terdiri dari orang laki laki muslim, baligh, bertempat tinngal tetap dan merdeka. Ini pendapat dalam madzhab syafi’i. Cara mengerjakan sholat jumat ini sama dengan cara melakukan sholat pada  umumnya, namun sebelum pelaksanaan sholat jumat berjemaah harus melakukan 2 khutbah dengan rukun dan syarat tertentu yang telah di tetapkan.


Mungkin itulah sedikit ulasan tentang cara dan niat sholat jumat lengkap yang bisa kami tuangkan dalam tulian singkat ini, semoga bermnfaat bagi kita semua, amin.
Tag : Fikih, Sholat
0 Komentar untuk "Cara Dan Niat Sholat Jum'at Yang Benar"

Back To Top