Najapedia

Referensi Dan Panduan Online

Biografi syekh abu hasan asy syadzili

Biografi syekh abu hasan asy syadzili


Syadzialyah adalah nama sebuah desa di benua afrika, nama ini kemudian menjadi afiliasi syekh abu hasan asy syadzili. Beliau pernah bermukim di iskandariyah sekitar tahun 656 H, beliau wafat dalam perjalanan haji dan di makamkan di padang idzab mesir, sebuah padang pasir yang berair asin ,lalu menjadi tawar sebab karamah syekh abu hasan as syadzili.

Biografi syekh abu hasan asy syadziliSyekh abu hasan as syadzili mendalami thoriqoh dan ilmu hakikat setelah matang dalam ilmu fikih , beliau tidak pernah terkalahkan setiap kali berdebat dengan ulama ulama ahli fikih pada masa itu. Dalam mempelajari ilmu hakikat,syekh abu hasan asy syadzili berguru kepada syekh abdus salam ibnu masyisy yang di kenal sebagai wali qutub..Akhirnya , syekh abu hasan asy syadzili meneruskan qtuthbiyah nya dan menjadi pimpinan para wali.

Syekh abu hasan asy syadzili mendirikan thoriqoh syadziliyah yang di ikuti oleh jutaan umat islam di seluruh dunia hingga saat ini. Selain itu, syekh abu hasan asy syadzili memilki beberapa amalan hizib yang sangat masyhur di kalangan umat islam. Di antaranya adalah hizbul bahr. Konon , hizib ini beliau terima langsung dari Rosulullah SAW .
Syekh abu hasan asy syadzili pernah melakukan riyadhah selama 80 hari tidak makan, di sertahi dzikir dan sholawat yang tanpa henti. Saat itu beliau merasa tujuannya untuk whusul kepada Allah SWT telah tercapai . lalu, datanglah seorang perempuan , dia keluar dari gua dengan wajah yang sangat menawan dan bercahaya. Dia menghampiri beliau dan berkata ” sungguh sangat sial , lapar selama 80 hari saja sudah merasa berhasil, sedangkan aku udah enam bulan lamanya belum pernah merasakn makanan sedikitpun.

Baca juga; imam sanusi sang teolog sunni

Suatu ketika saat syekh abu hasan asy syadzili berkelana, beliau berkata dalam hati “ ya ALLAH , kapankah aku bisa menjadi hamba MU yang bersyukur?” kemudian terdengarlah suara, “kalau engkau sudah mengerti dan merasa bahwa yang di beri nikmat hanya engkau saja” beliau berkata lagi “bagimana aku bia begitu, padahal engkau sudah memberi nikmat kepada para nabi, ulama dan para raja?” kmudian terdengarlah suara lagi “ jika tidak ada nabi, engkau tidak akan mendapatkan petunjuk. Jika tidak adaa ulama engku tidak akan tahu bagaiman caranya beribadah. Jika tidak ada raja engkau tidak akan merasa aman. Itu semua adalah nikmat dari ku yang aku berikan hanya untuk mu


Syekh abu hasan asy syadzili pernah berkhalwat (menyendiri) dalam sebuah gua agar bisa whusul kepada Allah SWT ,lalu beliau berkata dalam hatinya, bahwa besok hatinya kan terbuka. Kemudian datanglah seorang waliyullah “ bagaimana mungkin orang yang berkata besok hatinya akan terbuka bisa menjadi wali. Kenapa engkau beribadah bukan karena Allah SWT  ( hanya ingin menuruti nafsu menjadi wali)” kata wali itu. Setelah itu beliau sadar dan faham dari mana datangnya orang tadi. Segera saja beliau bertaubat dan memohon ampun kepada Allah SWT
Tag : Biografi
0 Komentar untuk "Biografi syekh abu hasan asy syadzili"

Back To Top